Tas Carrier Paling Recommended, Pendaki Pemula Wajib Tahu – Tas carrier atau tas gunung menjadi salah satu perlengkapan paling dasar dan penting untuk diperhatikan bagi pendaki, terutama untuk pemula. Tas ini tentunya berbeda dengan tas-tas lain yang biasa digunakan untuk sekolah, kerja atau aktivitas harian lainnya.

Fungsi dari tas gunung adalah untuk menyimpan berbagai perlengkapan selama mendaki dalam satu tempat agar lebih ringkas. Tas ini memungkinkan pendaki untuk meletakkan tenda, persediaan bahan makanan dan masih banyak lagi.

Tas Carrier Paling Recommended, Pendaki Pemula Wajib Tahu

Tentang Tas Carrier dan Beberapa Pilihan Paling Recommended

Tas Carrier Paling Recommended, Pendaki Pemula Wajib Tahu. Penting untuk anda ketahui, bahwa tas untuk naik gunung banyak macamnya. Secara umum, memang tas-tas ini memiliki fungsi yang hampir sama, tetapi terdapat beberapa perbedaan signifikan diantara semuanya. Apabila, tas rucksack yang merupakan sebuah tas dengan memakai tali sebagai untuk penutup dan menggunakan cara sistem serut.

Ada juga tas daypack yang hampir sama dengan tas gunung hanya saja ukurannya lebih kecil. Tas backpack yang merupakan tas dengan sistem serut dan lebih familiar ketimbang beberapa jenis sebelumnya.

Terakhir, ada tas gunung atau carrier yang memang dirancang untuk membawa barang dalam jumlah banyak dan berat. Tas ini dapat memberikan rasa nyaman untuk penggunanya sehingga mereka tidak mudah lelah. 

Untuk lebih menunjang pemakaiannya, biasanya tas gunung ini menggunakan bahan dasar busa atau alumunium. Ukuran yang bisa kalian peroleh dari tas ini mulai adalah 40 liter sampai 100 liter.

Fungsi Setiap Bagian Tas Gunung

Banyak pendaki yang menggunakan jenis tas ini untuk keperluan mendakinya. Namun, tidak semua dari mereka mengetahui dengan pasti fungsi dari setiap bagiannya. Berikut ini adalah fungsi dari bagian-bagian tas gunung yang perlu pemula ketahui:

  • Kepala carrier: Bagian yang pertama ini sering disebut dengan istilah Top Lid yang berfungsi sebagai penutup ransel. Bagian ini juga biasanya memiliki sebuah kantong yang berguna untuk menyimpan barang darurat, seperti P3K atau jas hujan.
  • Front pocket: Sesuai dengan namanya front pocket merupakan sebuah kantong yang terletak pada bagian depan tas carrier. Fungsinya adalah untuk menyimpan berbagai barang berukuran tipis.
  • Samping carrier: Bagian ini terdiri dari tiga bagian dengan fungsi berbeda, yaitu Side Compression Strap, Bottom Compression Strap dan Load Stabilizer Strap. Side Compression Strap untuk mengencangkan carrier agar isi di dalamnya lebih kokoh. Bottom Compression Strap berguna untuk menyimpan perlengkapan bermalam, seperti tenda, sleeping bag dan matras, sayangnya tidak semua carrier memiliki bagian ini. Terakhir, Load Stabilizer Strap yang berfungsi untuk mengencangkan tubuh pengguna agar tetap stabil selama bergerak.

5 Pilihan Produk Tas Carrier

Bagi pemula yang ingin mendapatkan carrier dengan fungsi pemakaian optimal, berikut ini terdapat 7 rekomendasi lengkap dengan kisaran harganya:

Tas Gunung Forester Annapurna 55+5

Rekomendasi tas gunung yang pertama ini bukan hanya cocok untuk mendaki, tetapi juga aktivitas outdoor lainnya, seperti camping atau hiking. Forester Annapurna 55+5 terbuat dari kombinasi bahan Cordura 1295 dan Dolby 1284. Bahan Cordura sendiri terkenal dengan tampilan warnanya yang cerah sehingga sering menjadi bahan dasar untuk berbagai jenis tas.

Sementara, bahan Dolby terkenal dengan karakteristik yang tebal sehingga membuat tas lebih awet dan tahan lama. Selain itu, tas ini juga memiliki rain cover untuk perlindungan ekstra. Kisaran harga untuk tas ini kurang lebih mulai dari 620 ribu rupiah.

Arei Carrier Ramelu 60+5L

Tas carrier Arei Carrier Ramelu 60+5L memang dirancang khusus untuk aktivitas mendaki selama 3 sampai 4 hari. Tas ini menggunakan bahan nylon yang terkenal dengan kekuatan, elastisitas dan ketahanannya. Kapasitasnya mencapai 65 liter dengan berat 1500 gram.

Beberapa kelengkapan Arei Carrier Ramelu 60+5L adalah kompartemen utama dan kompartemen tambahan, seperti saku depan, saku samping, rain cover dan organizer. Anda bisa mendapatkan tas ini dengan harga mulai dari Rp 500 ribu rupiah.

Consina Carrier Explorer 75+10 L

Consina Carrier Explorer 75+10 L menjadi salah satu tas carrier terbaik yang perlu Anda pertimbangkan. Tas ini dibuat menggunakan bahan dari cordura dan dapat menahan beban hingga sampai 3 kg. Selain itu, tas ini juga memiliki spesifikasi kelengkapan berupa double frame, kantong atas, kanan dan kiri, double compartment serta rain cover.

Bahan cordura sendiri biasanya menjadi bahan dasar untuk produk-produk militer, berkemah dan sejenisnya. Itulah mengapa tas Consina Carrier Explorer 75+10L ini bersifat sangat awet, kuat dan tahan lama. Untuk harganya, Anda bisa mendapatkan tas ini mulai dari 800 ribu rupiah, cukup sepadan melihat spesifikasi dan kegunaan yang dimilikinya.

IRCO Seri Gatotkaca

Berikutnya ada tas carrier dari IRCO yang terkenal dengan kualitas dan ketahanan produknya. Desain tas gunung IRCO Seri Gatotkaca sangat kekinian sehingga membantu Anda untuk lebih percaya diri. Tas tersebut sangat cocok dipakai dalam aktivitas outdoor hingga indoor. Hal tersebut karena tas ini memiliki model ransel yang nyaman digunakan.

Dimensi ukurannya adalah 28 x 28 x 25 cm dengan harga Rp 225 ribu. Tas gunung ini juga memiliki cover bag dan tali webbing sepanjang 1 meter secara gratis. Tali webbing inilah yang memungkinkan Anda untuk bisa membuatnya sebagai tas ransel maupun tas selempang.

Avtech Kadavu 65+5L

Jika Anda memerlukan tas carrier yang dengan kapasitas yang besar, Avtech Kadavu 65+5L adalah jawaban yang tepat. Selain unggul dalam kapasitasnya, tas ini juga memiliki 7 kompartemen yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai keperluan untuk mendaki. Ada juga rain cover untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap tas dan barang bawaan Anda.

Tas ini dibanderol mulai dari harga Rp 500 ribu rupiah saja. Dengan bahan nylon yang awet dan tahan lama, Anda bisa menggunakan tas ini untuk berbagai kegiatan outdoor dengan berbagai cuaca.

Penutup:

Itulah beberapa pilihan produk tas carrier yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan tas-tas tersebut kegiatan mendaki Anda bisa membawa berbagai perlengkapan dengan mudah dan anti ribet. Jadi kegiatan eksplorasi Anda akan lebih seru dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *